Radio AN Najiyah



RADIO AN NAJIYAH (JAKARTA)

Latar Belakang Pendirian Radio

Bandung merupakan kota yang cukup pesat perkembangannya saat ini, baik dilihat dari dimensi geografis, sosiologis, ekonomis dan teknologis. Dengan lokasi sangat strategis, yakni terletak di jalur perlintasan baik dari arah barat bandung maupun arah timur bandung. Bandung sendiri merupakan daerah penyangga ibukota Jakarta
Bandung sebagai kota Kembang dengan kehidupan beragama islam yang semarak, ditandai dengan adanya organisasi-organisasi islam, serta sekolah-sekolah islam yang ada. Oleh karena itu masyarakat bandung sangat perlu untuk mendapatkan pembinaan secara terus-menerus agar semangat untuk mengamalkan ajaran islam terus terpupuk dalam sanubarinya. Selain itu dengan adanya Radio dakwah akan dapat mendukung proses pembangunan dengan pembinaan akidah yang lurus dan akhlak yang mulia. Terlebih lagi saat ini di kelurahan Rancanumpang khususnya dan kecamatan Gedebage dan sekitarnya pada umumnya masih belum ada radio yang khusus bergerak dalam bidang pendidikan dan dakwah.
Secara umum kegiatan dakwah sesungguhnya telah ada di kota bandung, bahkan aktifitas dakwah semakin intensif dan meluas seiring dengan pesatnya kemajuan kota. Berbagai elemen kaum muslimin telah berusaha keras untuk menyebarluaskan dakwah islam, memberikan nasehat (tausiyah) kepada masyarakat pada umumnya, kaum muslimin khususnya untuk meninggalkan berbagai kemungkaran atau kemaksiatan.
Peningkatan intensitas dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan sarana yang tersedia. Diantara berbagai sarana yang mungkin dioptimalkan salah satunya adalah radio. Bahkan trend beberapa dasawarsa terakhir ini menunjukkan bahwa radio telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk mendengarkan dakwah. Hanya saja hingga saat ini proporsi dakwah masih relatif kecil dibandingkan dengan total program yang disiarkan oleh radio. Artinya, hingga saat ini masih sangat sedikit ditemukan radio yang terfokus di bidang dakwah, sebagaimana perkembangan yang terjadi di dunia pertelevisian, seperti TV / Radio News, TV / Radio musik, TV / Radio kristiani dan yang lainnya. Keadaan ini merupakan peluang bagi dikembangkannya Radio Dakwah.
Strategis dan pentingnya mengembangkan radio dakwah tidak terlepas dari pertimbangan atas luasnya jangkauan yang dapat dicapai oleh siaran radio. Dengan jangkauannya yang demikian, radio mampu membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan dakwah Islam. Dengan radio, setiap orang dapat mendengarkan dakwah, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Masyarakat bisa berinteraksi dan menambah wawasan tentang Islam dengan media Radio dakwah. Masyarakat dapat menambah wawasan keilmuan walaupun tidak harus mendatanginya, karena dengan radio masyarakat tinggal mendengarkannya di rumah masing-masing tanpa mengeluarkan biaya. Tentu hal ini sangat bermanfaat sekali. Pengalaman yang telah dilalui oleh beberapa radio di daerah lain yang terus berupaya fokus menjadi radio dakwah, telah membuktikan tentang kemudahan yang dapat diperoleh oleh masyarakat dan semangat mereka dalam mempelajari islam mengalami peningkatan.
Ditinjau dari sudut pandang lain, pengembangan radio dakwah juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya cita-cita bandung yang ingin mewujudkan masyarakat bandung sebagai masyarakat yang bermartabat, beriman, dan mempunyai akhlak yang mulia, sehingga bisa menjadikan manusia-manusia yang mendapatkan keridhaan Allah ta’ala.
Perkumpulan Komunitas Annajiyah merupakan lembaga yang didirikan untuk mengelola penyiaran radio komunitas pendidikan dan dakwah pesantren annajiyah. Perkumpulan ini berdiri pada tanggal 13 Mei 2011 dan tercatat di notaris Hera Ratnaningsih dengan Akte Pendirian No. 1.- Perkumpulan Komunitas Annajiyah adalah lembaga penyelenggara penyiaran komunitas radio yang bermodulasi FM dengan Call Station Radio Annajiyah FM. Lokasi studio bertempat di Pesantren Yayasan Annajiyah Alislamiyah Bandung, Jalan Utsman bin Affan no. 90 Komplek Griya Cempaka Arum Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Dengan menggunakan frekwensi modulasi FM 107,8 Mhz menggunakan pemancar PLL Stereo berkekuatan 30 Watt, dan jangkauan siaran meliputi kelurahan rancanumpang dan sekitarnya.

Visi Radio Komunitas Annajiyah
Menjadikan Radio Komunitas Pendidikan Dan Dakwah Pesantren Annajiyah sebagai sarana untuk menambah keimanan, ketakwaan, juga pemahaman tentang islam yang sesuai dengan pemahaman generasi terbaik umat ini yaitu para Sahabat Rasulullah, Menumbuhkan sikap ilmiyah dalam mengamalkan ajaran islam, mendidik masyarakat menuju masyarakat yang diridhai oleh Allah dan Rasulnya, juga menjadikan penyejuk dan pelembut hati serta penghibur bagi kaum muslimin pada khususnya dan umumnya kepada manusia seluruhnya .
Misi Radio Komunitas Annajiyah
  • Menyebarluaskan dakwah dan Pendidikan Islam kepada masyarakat kelurahan Rancanumpang dan sekitarnya.
  • Memperbaiki pemahaman dan pengamalan ajaran Islam oleh kaum muslimin sehigga sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman para Sahabat
  • Membantu mencerdaskan siswa didik, baik dari annajiyah sendiri, atau dari sekolah-sekolah lain, karena kita menyiarkan juga pendidikan via media radio.

0 komentar:

Posting Komentar