Ragam cara dakwah di radio



Ragam Cara dakwah di radio

Dakwah adalah seruan,ajakan, atau bisa dibilang suatu usaha untuk memengaruhi suatu manusia, untuk menyeru kepada yang baik dan mencegah dari yang munkar, seperti halnya dalam surah al imron ayat 103.
 Tujuan utama dakwah di Radio:
- Mengajak umat Islam untuk selalu meningkatkan taqwanya kepada Allah swt.
- Mendidik dan mengajar anak-anak agar tidak menyimpang dari fitrahnya.
 -Menyelesaikan dan memecahkan persoalan-persoalan yang gawat yang meminta segera     penyelesaian dan pemecahan.
- Menyelesaikan dan memecahkan persoalan-persoalan yang terjadi sewaktu-waktu dalam masyarakat.
Dakwah di radio bagian dari da’wah bil lisan. Ada yang menyebutnya i’lam, yakni penyiaran Islam lewat radio atau televisi.

Dakwah radio atau dakwah melalui radio artinya memperlakukan dan memanfaatkan media paling populer di dunia ini sebagai channel, sarana, atau alat untuk mencapai tujuan dakwah.

Jenis program dakwah di radio, selain ceramah dan dialog Islam (talkshow), antara lain “insert” renungan tiap jam atau tiap setengah jam. Durasi maksimal satu menit, berupa paket “voicer” layaknya spot iklan
.
Dengan adanya radio umat islam bisa mendengarkan dakwah lewat radio, tanpa harus melihat dengan visual sebab visual dapat menyebabkan radiasi yang mengenai mata, dan itu juga bisa meyebabkan suatu penyakit. Radio merupakan sarana dakwah yang efektif, apalagi jangkauan frekuensi yang luas hingga penjuru dunia.
Dakwah radio atau dakwah melalui radio artinya memperlakukan dan memanfaatkan media paling populer di dunia ini seperti: channel, sarana, atau alat untuk mencapai tujuan dakwah.Jenis program dakwah di radio, selain ceramah dan dialog Islam(talkshow), Materinya terjemahan hadits, ayat Al-Quran, ungkapan sahabat Nabi Saw,nasihat ulama, atau mutiara kata Islami. Jadi, di tengah keasyikan menikmati –misalnya--lagu-lagu pop Indonesia, para pendengar “didakwahi” secara “tidak sadar”. Para da’i dan lembaga-lembaga dakwah harus memanfaatkan radio untuk menebarkan risalah Islam.


0 komentar:

Posting Komentar